Jumat, 23 Maret 2012

Perumusan Masalah Penelitian

read before : Permasalahan di STIKBA

Secara parsial terdapat sasaran yang belum optimal. Kurang optimalnya capaian dalam menghasilkan peserta didik yang berguna bagi kesehatan masyarakat pada tahun 2010 merupakan masalah penting di STIKBA.

Pengajar yang membantu pekerjaan pengajar lain, membuat nyaman pengajar baru, prilaku sportif, prilaku meningkatkan nama baik STIKBA dan prilaku patuh terhadap peraturan serta prosedur merupakan bentuk kinerja kontekstual yang mampu meningkatkan kinerja tugas para pengajar dan selanjutnya akan meningkatkan kemampuan kinerja STIKBA dalam mencapai sasarannya.

Dalam mempengaruhi kinerja kontekstual yang lebih baik, kepemimpinan transformasional harus di mediasi oleh kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan. Tilman (1998) yang di kutip oleh Conel (2004) melaporkan, adanya bukti pengaruh nyata dalam literatur yang terdahulu bahwa variabel kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan sebagai mediasi antara variabel kepemimpinan transformasional dengan variabel prilaku kewargaan organsasi.

Selanjutnya, penelitian ini akan meneliti apakah analisis pengaruh kemimpinan transformasional secara langsung atau tidak langsung akan meningkatkan prilaku kewargaan organsasi.

Berdasarkan paparan ini, maka masalah yang sangat mendasar dari penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut;

“Bagaimana analisis pengaruh kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan prilaku kewargaan organisasi pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi”.

Untuk menjawab pertanyaan yang mendasar ini maka dikemukakan sebuah pendekatan yang melibatkan peran variabel mediasi dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional terhadap prilaku kewargaan organisasi.

Pendekatan model mediasi ini digunakan berdasarkan berbagai pandangan para ahli yang menyatakan bahwa sebuah variabel independen tertentu tidak secara otomatis memiliki dampak langsung terhadap variabel dependen melainkan pengaruhnya melalui variabel lain, yaitu melalui mekanisme mediasi.


Berdasarkan pertimbangan ini maka diajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut ;
  1. Bagaimana gambaran mengenai kepemimpinan transformasional, kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan dalam meningkatkan prilaku kewargaan organisasi para pengajar di STIKBA Jambi? 
  2. Bagaimana analisis pengaruh secara langsung antara kepemimpinan transformasional terhadap kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan para pengajar di STIKBA Jambi? 
  3. Bagaimana analisis pengaruh secara langsung antara kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan prilaku kewargaan organisasi para pengajar di STIKBA Jambi? 
  4. Bagaimana analisis pengaruh secara langsung kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan dalam meningkatkan prilaku kewargaan organisasi para pengajar di STIKBA Jambi? 
  5. Dan, bagaimana analisis pengaruh secara tidak langsung kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan prilaku kewargaan organisasi yang dimediasi oleh kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan para pengajar di STIKBA Jambi? 
read more : Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.