Senin, 26 Maret 2012

METODE PENELITIAN : Rancangan Penelitian, Populasi dan Sampel Penelitian

read before : TINJAUAN PUSTAKA : Kerangka Pemikiran

Rancangan Penelitian
Penelitian ini adalah berjenis penelitian survey, memiliki tujuan deskriptif dan eksplanatif.
  1. Tujuan deskriptif dari survei adalah untuk mendeskripsikan variabel- variabel utama penelitian, yaitu kepemimpinan transformasional, kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan serta perilaku kewargaan organisasi. 
  2. Tujuan eksplanatif yaitu untuk menjelaskan hubungan sebab akibat di antara variabel-variabel yang dilibatkan di dalam penelitian. 
Untuk penelitian ini, tujuan eksplanatif digunakan untuk menjelaskan mekanisme pengaruh dari kepemimpinan transformasional yang di mediasi oleh kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan terhadap prilaku kewargaan organisasi.Adapun unit analisis dari penelitian ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi, dengan para responden penelitian adalah para pengajar.

Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan para pengajar yang bekerja di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim Jambi. Jumlah dosen yang tercatat hingga tahun 2012 adalah sebanyak 91 orang.

Sampel yang di ambil menggunakan metode sampel acak berdasarkan strata (stratified random sampling). Menurut pendapat Mas'ud (2004) yang di kutip dari Henry, (1990) dan Neuman, (2003) dengan menggunakan metode sampel acak berdasarkan strata, periset pertama kali menentukan strata atau sub-strata yang digunakan sebagai dasar sebelum melakukan pemilihan secara acak. Dalam penentuan sampel dengan metode ini, prosentase harus sama, misalnya 10% dipilih dari masing-masing strata.

Sebanyak 30% populasi dari masing-masing strata akan di ambil dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah 91 orang para pengajar STIKBA dari 5 program studi. Sebanyak 5 orang pengajar tidak bisa dijadikan sampel karena berperan sebagai pimpinan program studi, untuk itu total populasi berjumlah 86 pengajar dengan sampel masing-masing program studi adalah 30% dari jumlah pengajar di tiap program studi.

Sehingga jumlah sampel keseluruhan sebanyak 30 para pengajar dari semua program studi. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan perincian sebagai berikut ;


read more : METODE PENELITIAN : Variabel dan Pengukuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.