Senin, 27 Juli 2009

PENGARUH DOSEN TERHADAP MAHASISWA YANG DIWISUDA
DI UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2001 – 2005

Untuk mengetahui pengaruh Dosen terhadap Mahasiswa yang Diwisuda perlu dilakukan suatu analisis, untuk itu perlu dilakukan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruhnya, lebih jelasnya untuk melihat pengaruh tersebut dapat disajikan dibawah ini:

Korelasi.

Hubungan atau korelasi antara Dosen dengan Mahasiswa yang diwisuda tidak begitu kuat dan tidak begitu lemah, ini dapat diketahui dari nilai Pearson Correlatio Dosen sebesar 0.647 atau 64.7% dengan tingkat signifikannya 0.119 (11,9%). Dan 35.3 % kekautan korelasi dipengaruhi oleh faktor selain Dosen.

Nilai Determinasi.

Nilai determinasi atau Model Summary merupakan model yang digunakan untuk mengetahui dari kekuatan keterkaitan, adapun nilai determinasi pada tabel diatas sebesar 0.419. Artinya keterkaitan variabel bebas terhdap variabel terikat sebanyak 41.9%.

Anova.

Tabel Anova digunakan untuk melihat hasil uji F. Dai tabel Anova tersebut terlihat bahwa F hitung lebih kecil dari F tabel. Artinya variabel dosen berpengaruh nyata terhadap variabel mahasiswa yang diwisuda.

Regresi.

Persamaan regresi dapat dtulis dengan rumus Y = a + bx1 + e, dari tabel diatas dapat dimasukan persamaan tersebut mwenjadi :

Y = -335.286 + 2,414x1 + e

Maknanya adalah, setiap penambahan 1 orang dosen akan meningkatkan jumlah mahasiswa diwisuda sebanyak 2, 4 orang ( 2 orang).

Kayaknya klu cuma 2 orang pertahun tiap dosen bisa membuat 2 mahasiswa diwisuda itu adalah pekerjaan yang tidak efisien dan efektif.

Nah whats wrong....?

Next on.......Iam The Lead its...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.